Google Fonts TUTORIAL

Cara Mendownload Font Dari Google Font Di Windows 10/11 | Tutotial WPS Office di Windows 10/11

Afdal Rahendra
Agustus 05, 2024
0 Komentar
Beranda
Google Fonts
TUTORIAL
Cara Mendownload Font Dari Google Font Di Windows 10/11 | Tutotial WPS Office di Windows 10/11
Cara Mendownload Font Dari Google Font Di Windows 1011  Tutorial WPS Office di Windows 1011

Ketika ingin membuat sebuah desain atau membuat sebuah presentasi pada windows 10/11 terkadang kita terpaku pada sebuah font yang itu-itu saja. Ketika mencoba melihat sebuah contoh desain entah dari google atau website lainnya terkadang kita suka melihat banyak font dengan tampilan yang sangat bagus sehingga mendukung desain tersebut. Dari hal tersebut tentu muncul pertanyaan bagaimana cara mendapatkan font tersebut dengan mudah? Oleh sebab itu pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mendownload font dari google font pada windows 10/11 kamu.

Mengenal Terlebih Dahulu Google Font

Sebelum masuk kepada tata caranya disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu google font.

Google Fonts adalah katalog font sumber terbuka yang memungkinkan Anda mengintegrasikan jenis huruf ekspresif dan ikon ke situs web dan produk Anda. Katalog ini mencakup berbagai jenis huruf dengan dukungan bahasa, detail yang mudah dibaca, berat dan gaya yang beragam, serta karakter alternatif. Anda juga dapat menemukan panduan tentang tipografi di Google Fonts Knowledge, yang disusun oleh para ahli tipografi di seluruh dunia. Jika Anda tertarik untuk melihat file sumber font, Anda dapat mengecek repositori GitHub mereka.

Pengertian diatas adalah jabaran yang diberikan oleh copilit yang intinya dapat disimpulkan bahwa google font adalah sebuah website besutan google yang menyediakan berbagai font yang dapat kamu donwload dan gunakan di windows 10/11. Namun saya belum menyelami website ini lebih mendalam apakah font tersebut bisa digunakan untuk komersial atau tidak. Oleh karena itu bagi kamu yang bertujuan menggunakan font yang ada di website ini untuk kebutuhan bisnis coba cari lebih jauh lagi agar tidak terkena plagiat.

Cara Download Font yang ada Di Google Font

Cara untuk mendownload font yang ada di google font ini terbilang cukup mudah yaa, jika kamu mengikuti langkah-langkah yang saya berikan ini maka kamu akan paham. Langsung saja kepada langkah-langkahnya.

  1. Buka terlebih dahulu browser pada windows kamu, bebas menggunakan browser apa saja yang biasa kamu gunakan.
  2. cari di pencarian "google font" atau kamu bisa langsung masuk ke link "fonts.google.com"
  3. pada halaman awal kamu akan melihat di sebelah kiri ada filter berbentuk kota preview, kamu bisa menggunakannya untuk melihat seperti apa font yang akan kamu donwload nantinya menuliskan sesuatu yang kamu inginkan. Disini juga ada filter lainnya, silahkan kamu sesuaikan saja
  4. Dibagian atas juga ada kota pencarian yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari font yang jenisnya sudah kamu ketahui.
  5. cari font yang kamu inginkan, jika sudah ditemukan klik dan kamu akan di arahkan pada halaman selanjutnya. Pada halaman ini ada beberapa tampilan diantaranya bentuk font dengan berbagai jenis penulisan, serta di bagian akan ada tulisan "get font" untuk mendapatkannya.
  6. Setelah kamu klik "get font" tersebut maka kamu akan di arahakan pada halaman baru. Disini ada beberapa icon yang bisa kamu klik untuk menjalankan perintah.

    untuk membagikan font tersebut berupa link kepada orang lain.

    untuk menghapus seluruh font yang sudah di pilih

    untuk mendownload satu jenis font yang sudah dipilih saja

    untuk mendapatkan kode dari font tersebut agar bisa kamu gunakan dalam kodingan

    untuk mendownload seluruh font yang sudah kamu pilih

Kesimpulan Cara Mendownload Font Dari Google Font Di Windows 10/11

Itulah tutorial bagaimana cara mendownload font pada google font. Setelah font kamu download dan sudah selelesai, maka kamu akan mendapatkan file font tersebut dalam bentuk zip dan silahkan ekstrak dile tersebut untuk menginstallnya agar dapat digunakan. Untuk tatacara penginstallan font pada windows 10/11 akan saya bahas pada artikel berikutnya.


VIDEO TUTOTIAL

Penulis blog

Tidak ada komentar